Contoh Surat Perjanjian kesepakatan / Sekolah / Hutang / Kerjasama / Pribadi

Contoh Surat Perjanjian – Berbicara soal surat perjanjian merupakan isi perjanjian tertulis diatas materai dimana antara kedua belah pihak yang bertujuan agar suatu permasalahan yang disepakati nantinya dapat terwujud dari kedua belah pihak yang membuat perjanjian.

Hal ini sering kita alami baik itu dalam hubungan masalah pribadi, keluarga, saudara, pihak lain seperti sekolah perjanjian hutang dan bahkan perjanjian dalam menjalin hubungan kerjasama. Ini tertujuan agar pihak satu dan pihak lainnya tidak melanggar dari apa yang telah di buat kesepakatan (perjanjian) di kemudian hari.

Contoh kecil bila kita membuat sebuah usaha, disini kita bisa membuat surat perjanjian bilamana usaha mendapat untung maka hasil dari keuntungan tersebut dibagi rata sesuai dengan isi dari surat perjanjian yang telah disepakati. Bisa juga contoh surat perjanjian mengenai hutang, dalam isi surat bisa kita buat kepada penghutang agar melunasi pada tanggal yang telah dijanjikan, apabila si penghutang tidak melunasi seluruh kewajiban, maka surat perjanjian tersebut bisa dibuat menjadi senjata dalam menuntut si penghutang.

Ada berbagai macam contoh surat perjanjian yang tidak jauh beda dengan contoh surat teguran, ada umum/ khusus dan juga resmi dan tidak resmi, kalau surat perjanjian resmi biasa digunakan oleh instansi pemerintahan, perusahaan multi nasional dan lain-lain. Dan yang paling umum digunakan adalah surat perjanjian sewa rumah, jual-beli, sewa ruko, sewa mobil, hutang piutang termasuk juga surat perjanjian tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Pada kesempatan kali ini rajasurat akan mencoba membantu sahabat sekalian dalam membuat sebuah contoh surat perjanjian yang dapat kalian pergunakan nantinya sesuai dengan keperluan masing-masing.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Bertepatan dengan hari ini, Senin tanggal Lima belas mei dua ribu delapan belas (15/05/2018), menyatakan:

Nama : Mandogi, SH
Umur : 44 tahun
Pekerjaan : Lawyer
Alamat : Jl. Bunga Anggrek No. 455, Dusun Malioboro, Yogyakarta

Kemudian disebut Pihak Pertama (I)

Nama : Indrarta, S. Pd
Umur : 30 tahun
Pekerjaan : Guru
Alamat : Jl. Abdul Hosim No. 522, Karat, Yogyakarta

Kemudian disebut Pihak Kedua (II)

Menerangkan bahwa:
1. Pihak Pertama adalah penyandang dana atau INVESTOR dengan modal Rp. 40.000.000,- (empat puluh juga) yang disebut MODAL INVESTASI.
2. Pihak Kedua merupakan pengelola peternakan desa selaku penerima DANA INVESTASI dari Pihak Pertama.
3. Baik pihak pertama atau Pihak Kedua saling mengukuhkan diri dalam bentuk perjanjian kerjasama investasi dengan tujuan meningkatkan Modal peternakan desa sesuai ketentuan undang-undang dan hukum yang berlaku.
4. Bahwasanya berdasarkan hal-hal tersebut diatas, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerjasama, dengan ketentuan-ketentuan seperti tertuang pada pasal-pasal terlampir pada surat perjanjian ini yang telah diketahui kedua belah pihak.

Demikan surat perjanjian kerjasama ini dibuat 2 (dua) lembar untuk masing-masing pihak dan ditandatangani diatas materai dengan kekuatan hukum yang sama.

Yogyakarta, 15 Mei 2018

Pihak Pertama          Pihak Kedua

Mandogi, SH          Indrarta, S. Pd

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Malang, 10 Maret 2014

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Andi Sulistio
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 12 Juli 1970
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Indah malam No. 33, Bandung – Jawa Barat 34555

Yang selanjutnya disebut Pihak Pertama (I)

Nama : Hj. Indriantini S.E
Tempat/Tanggal Lahir : Jember, 24 September 1973
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Gatot Subroto No. 344, Bandung – Jawa Barat 34555

Yang selanjutnya disebut Pihak Kedua (II)

Dengan ini kedua belah pihak membuat kesepakatan bahwa Pihak Pertama menjual sebidang tanah beserta rumahnya kepada Pihak Kedua dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) No. 344/PPT/717/SHM/1990 yang beralamat di: Jl. Indah Malam No. 344, Bandung. Dengan ini kedua belah pihak membuat sebuah perjanjian dengan syarat-syarat:

1. Surat perjanjian ini berlaku 3 (tiga) hari setelah ditandatangani dan akan berakhir setelah status kepemilikan berpindah kepada Pihak Kedua.
2. Perpindahan kepemilikian baru dapat diproses apabila Pihak Kedua telah memenuhi kewajibannya kepada Pihak Pertama.
3. Semua biaya perpindahan kepemilikan ditanggung Pihak Kedua dengan bantuan Pihak Pertama dalam hal mempermudah kepengurusan.
4. Rumah dijual dengan harga Rp. 460.000.000,- (Empat ratus enam puluh juta rupiah), dan dibayarkan paling lambat 2 bulan setelah ditandatanginya surat perjanjian ini. Apabila ada keterlambatan pembayaran, maka Pihak Pertama berhak membatalkan perjanjian jual beli.

Demikian surat perjanjian ini dibuat, disetujui, dan ditandatangani oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua serta saksi-saksi yang dikenal oleh kedua belah pihak. Surat perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua) untuk Pihak Pertama dan Pihak Kedua dengan kekuatan hukum yang sama.

Pihak Pertama          Pihak Kedua

Andi Sulistio          Hj. Indriantini S.E

Saksi-saksi;
1. Zaelany, MA
2. Wicaksono Mukhlis

Contoh Surat Perjanjian Usaha Dagang

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Akaa Ginting
Alamat                  : Jl. Veteran No. 45 Kabanjahe
No. Telp               : 08789967342

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama

Nama                    : Felix Ivan G
Alamat                  : Jl. Sudirman No.1 Kabanjahe
No. Telp               : 08198764566

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua

Untuk selanjutnya antara pihak pertama dan kedua memilik perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak pertama menitipkan barangnya pada pihak kedua dengan sistem konsinyasi. Pihak kedua mendapatkan 10% dari omzet pejualan barang titipan pihak pertama.
  2. Jumlah maksimal penitipan barang yang  dilakukan pihak pertama kepada pihak kedua adalah 100 item untuk setiap desainnya.
  3. Pendistribusian barang untuk area Bandung dan sekitarnya diatur oleh pihak kedua.
  4. Pihak pertama akan membantu promosi pihak kedua, begitu juga sebaliknya.
  5. Pihak kedua melaporkan hasil penjualan kepada pihak pertama setiap bulannya, diawal bulan berikutnya disertai dengan penyerahan laba sebesar 90% dari omzet penjualan barang titipan pihak pertama kepada pihak kedua.

Demikian perjajian kerjasama ini kami buat untuk menjadi ikatan diantara kami. Segala hal yang belum termuat pada perjajian ini, dibicarakan bersama antara pihak pertama dan pihak kedua untuk mencapai mufakat dikemudian hari dan otomatis menjadi addendum pada perjanjian ini.

Perjanjian ini kami buat secara penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari manapun. Jika terjadi perselisihan pada pelaksanaan perjanjian ini, maka kami sepakat menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan dan musyawarah, namun jika tidak terselesaikan juga, kami sepakat menyelesaikan secara hukum yang berlaku.

Surat Perjanjian ini disepakati pada hari ( Sabtu) tanggal 5/10/2018 oleh:

Pihak Pertama,                                       Pihak Kedua,

( Akaa Ginting)                                      ( Felix Ivan G )

Contoh Surat Perjanjian Sekolah

PERJANJIAN KERJASAMA 

PUSKESMAS ……………………………. 

DAN 

SEKOLAH …………………………. 

TENTANG 

PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA DIDIK 

Nomor : …………………………………

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ……………………………………….

Jabatan : ……………………………………….

Unit Kerja : ……………………………………….

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Puskesmas …………………….., selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : ………………………..

Jabatan : Kepala Sekolah . ………….

Unit Kerja : ………………………………………

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Sekolah ……………………………….. selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Pada hari ini ………………… tanggal ………………… bulan ………………… tahun ………………… bersepakat mengadakan perjanjian kerjasama dengan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam pasal – pasal berikut :

PASAL 1 

PENGERTIAN 

  1. PIHAK PERTAMA adalah lembaga kesehatan di bawah naungan Dinas Kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat
  2. PIHAK KEDUA adalah lembaga pendidikan yang menjadi mitra dalam pelaksanaan program pelayanan kesehatan.

PASAL 2 

MAKSUD DAN TUJUAN 

Maksud dan Tujuan dari kesepakatan ini adalah

  1. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan pada peserta didik
  2. Meningkatkan kemampuan hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan siswa dan menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.
  3. Menjadikan Puskesmas dan Sekolah sebagai sarana pembinaan, promosi kesehatan, konseling, pendidikan keterampilan hidup bersih dan sehat, serta pelayanan kesehatan.

PASAL 3 

HAK DAN KEWAJIBAN 

Untuk mencapai maksud dan tujuan di atas, maka PARA PIHAK bersepakat untuk melaksanakan hak dan kewajiban di bawah ini :

  1. PIHAK PERTAMA berkewajiban memberikan pelayanan serta pembinaan kesehatan kepada PIHAK KEDUA serta mengevaluasi dan memberikan masukan kepada PIHAK KEDUA
  2. PIHAK KEDUA memberikan izin kepada PIHAK PERTAMA selama melaksanakan kewajiban sebagaimana tercantum pada point satu di atas.

PASAL 4 

KETENTUAN TAMBAHAN 

Bahwa mengenai hal-hal yang belum diketahui dan belum diatur dalam perjanjian ini, akan diberikan dalam bentuk addendum yang tidak terpisahkan dari surat perjanjian ini.

PASAL 5 

PENUTUP

Perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua) masing-masing bermaterai, perjanjian ini juga digunakan sebagai alat bukti yang mempunyai kekuatan hukum yang mengikat sesuai ketentuan yang berlaku.

Pihak Pertama,                                            Pihak Kedua,

(………………….)                                          (………………….)

Demikianlah artikel dari contoh surat perjanjian, memang dari pembahasan diatas kurang dari sempurna paling tidak dapat membantu sahabat sekalian yang sedang mencari informasi ini. Semoga bermanfaat tidak ketinggalan baca juga artikel sebelumnya yaitu Contoh Surat Izin Tempat.