May 24, 2024

Ponsel saat ini kebanyakan sudah mengadopsi sistem penggunaan layar sentuh, termasuk merek Oppo. Memang terlihat sangat keren, tapi ketika rusak akan banyak biaya harus dikeluarkan untuk memperbaiki. Sebelum itu terjadi, Anda perlu melakukan cek touchscreen HP Oppo supaya saat dipakai bisa benar-benar berfungsi maksimal.

Touchscreen baru populer digunakan IBM pada tahun 1994, melalui produk IBM Simon Personal Communicator. Saat itu sistem operasinya menggunakan Datalight ROM-DOS, barulah setelah itu muncul produk mengusung sistem sentuh itu. Mulai dari Apple hingga Oppo dan saat ini berbagai produk lokal maupun luar negeri lainnya.

Apa Itu HP Touchscreen?

Jika mengkaji soal arti sebenarnya dari touchscreen, yaitu layar sentuh. Dalam dunia teknologi merupakan perangkat software yang cara kerjanya dengan menyentuh bagian layar smartphone. Dengan adanya sensor sentuhan, maka semua menu dan fitur bisa digunakan sesuai sistem pada perangkat tersebut.

Bukan hanya HP, layar sentuh juga banyak dipakai untuk berbagai kebutuhan terutama di dunia industri khususnya manufaktur. Dimana industri tersebut bermain dengan akurasi, durabilitas, hingga sensitivitas barang terhadap sentuhan.

Paling terkini tentunya touchscreen pada perangkat komunikasi yaitu telepon genggam, dimana keberadaan sistem ini akan mempermudah pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas menggunakan perangkat tersebut.

Cara Cek Touchscreen HP Oppo Pakai Aplikasi

Saat ini sudah banyak aplikasi, bisa dipakai untuk melakukan pengecekan kondisi touchscreen HP Oppo. Supaya tidak penasaran dengan kenormalan layar sentuh smartphone Anda, ada baiknya mencoba menggunakan salah satu aplikasi berikut ini.

Touch Screen Test

Salah satu platform dengan pengguna cukup banyak adalah Touch Screen Test, fungsinya adalah untuk memastikan apakah layar sentuh perangkat Anda masih berada pada kondisi layak pakai.

Biasanya, ada fitur pendeteksi kerusakan layar dimana pengguna harus melakukan instruksi diminta. Salah satunya mencoret permukaan layar dengan tangan, kemudian akan terlihat hasilnya. Kalau semua bagian yang harus dicoret sudah tercoret tanpa luput satu titikpun, bisa dikategorikan bahwa HP Oppo tersebut masih aman.

Jika ada yang luput artinya layar HP sudah memasuki tahap bermasalah. Sehingga akan muncul notifikasi dari Touch Screen Test, menyebutkan kondisi terkini dari layar sentuh smartphone.

Untuk bisa menggunakannya, Anda perlu melakukan pengunduhan melalui platform sekelas Google Play Store. Lalu tunggu proses instalasi sampai selesai dan aplikasi sudah siap untuk digunakan.

Touchscreen

Akan sangat cocok bagi pengguna Oppo untuk memilih platform ini, sebab dari hasil pengkajian didapat bahwa sistem kerja Touchscreen mengadopsi pola kerja dari para teknisi khusus Oppo. Terutama saat mengatasi masalah layar sentuh.

Cara memakai aplikasi ini, tinggal download melalui Play Store atau App Store kemudian lanjutkan dengan prosedur instalasi yang tepat.

Setelah itu, Anda tinggal memilih menu start test dan kan muncul garis-garis putih harus disentuh oleh tangan. Sentuh semua garis hingga berwarna hijau, jika ada bagian tidak bereaksi ketika disentuh maka artinya ada bagian touchscreen yang bermasalah.

Multi Touch Test

Ada lagi yang namanya Multi Touch Screen, aplikasi untuk cek touchscreen HP Oppo berikutnya. Ada tiga fitur yang bisa dipakai, pertama namanya multi touch dimana Anda harus melakukan tes dengan menyentuh layar dengan beberapa jenis sentuhan tangan secara bersamaan.

Kemudian ada lagi paint test, untuk menggambar di atas layar ponsel sesuai desain yang disediakan sistem aplikasi ini. Ketiga, yaitu fitur color test untuk melakukan pengecekan warna pada layar yang tajam.

Aplikasi Drawing

Jika hasil test menggunakan salah satu platform di atas masih terasa kurang meyakinkan, maka selanjutnya Anda bisa menggunakan aplikasi khusus menggambar. Biasanya, di Google Play Store tersedia dengan fungsi membantu siapa saja lebih mudah membuat gambar apapun yang mereka inginkan.

Ketika terdapat bagian yang tidak dapat menghasilkan garis pada gambar Anda, maka ada indikasi layar di bagian tersebut bermasalah dan harus diperbaiki.

Cara Cek Touchscreen HP Oppo Tanpa Pakai Aplikasi

Kalau tidak ingin menambah jumlah aplikasi tambahan pada perangkat smartphone, hanya untuk melakukan pengecekan touchscreen. Ada baiknya, Anda mencoba mengecek fungsi layar sentuh HP menggunakan cara tanpa aplikasi berikut ini. Lebih mudah dan hasilnya terbilang akurat.

Tapi, memang tidak semua HP Oppo bisa di cek menggunakan langkah berikut. Hanya beberapa varian seperti F1 dan G1 plus, F3 plus, A71, dan beberapa tipe lainnya.

  • Aktifkan telepon genggam Oppo Anda, lalu buka menu dial phone yang memiliki logo gagang phone.
  • Ketik kode *#800#, lalu tunggu sampai engineer mode tampil di layar HP
  • Pilih menu touchscreen yang tersedia di halaman tersebut, kemudian lakukan pengecekan sesuai yang diminta oleh sistem engineer mode
  • Biasanya akan muncul kotak-kotak di berbagai area layar sentuh, dimana Anda wajib menyentuh ketika disuruh
  • Jika kotak menghasilkan warna hijau artinya kondisi dari touchscreen masih normal. Tapi, jika terdapat kotak yang tak bereaksi ketika disentuh artinya ada masalah pada bagian tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Touchscreen HP Oppo yang Tak Berfungsi

Tidak sedikit hal yang menyebabkan layar sentuh perangkat ponsel menjadi tidak berfungsi, termasuk pada berbagai produk Oppo. Beberapa diantaranya pernah dialami pengguna, namun bisa diatasi dengan cara mudah.

Akibat Listrik Statis

Bisa saja ketika dinyalakan, ternyata ada arus listrik statis yang tidak mengalir ke semua komponen telepon genggam. Alhasil layarnya tidak bisa disentuh seperti biasa dan pengguna jadi bingung harus melakukan apa.

Untuk kasus ini, solusinya adalah mematikan kembali perangkat tersebut dan tunggu beberapa saat sebelum menyalakannya kembali. Biasanya, masalah akan teratasi dengan mudah.

Layar Kena Percikan Air

Bisa saja secara tidak sengaja Anda menempatkan HP di lokasi rentan kena percikan air. Misalnya, saat hari hujan dan smartphone ternyata berada di saku baju bagian atas. Percikan tersebut, bisa masuk ke sela-sela layar sehingga menyebabkan fungsi touchscreen tidak maksimal.

Untungnya, untuk kasus ini masih bisa diperbaiki sendiri tanpa perlu teknisi khusus. Selama percikan air tidak terlalu banyak. Caranya yaitu, dengan mengeringkan area layar menggunakan kain lembut. Lalu diamkan sampai bintik air yang masih ada di area layar menghilang alami.

Jika sudah, Anda bisa mencoba menghidupkannya kembali. Pada beberapa kasus, cara ini berhasil mengembalikan kondisi layar sentuh kembali normal. Asalkan, sejak terkena air sampai mengering Anda tidak menggunakan terlebih dahulu perangkat tersebut.

RAM Penuh

Ketika pengguna produk Oppo memiliki banyak aplikasi tambahan pada perangkat telepon genggamnya, maka kemungkinan RAM cepat penuh sangat besar. Jika hal itu terjadi, maka potensi layar sentuh tidak bisa berfungsi sangat besar.

Penyebabnya karena sistem perangkat bekerja ekstra dan tidak bisa memaksimalkan fungsi-fungsi pada komponen yang ada.

Solusi yang bisa dilakukan adalah, upgrade atau ganti RAM menjadi kapasitas yang lebih besar.

Semoga informasi tentang cara cek touchscreen HP Oppo pada penjelasan ini, bisa menambah wawasan Anda. Terutama tentang pentingnya melakukan pengecekan layar ponsel, supaya fungsi sentuhnya tetap normal selama dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *