July 18, 2024
Harga Tertinggi dan Terendah Bahan Bakar Nonsubsidi

Kenaikan dan penurunan harga BBM yang terjadi berulang kali sering membuat masyarakat Indonesia menjadi resah. Tapi untuk saat ini, Pertamina sudah merilis harga terbaru setelah harga BBM turun pada penyesuaian yang terakhir kalinya. Berapa harga BBM terbaru dari Pertamina?

Ada 4 jenis bahan bakar yang tidak disubsidi oleh pemerintah dan 2 jenis bahan bakar yang disubsidi. Harga bahan bakar subsidi, yaitu Biosolar dan Pertalite sama di semua wilayah Indonesia. Sedangkan harga untuk 4 jenis bahan bakar nonsubsidi bervariasi di daerah yang berbeda.

Harga Tertinggi dan Terendah Bahan Bakar Nonsubsidi

Harga Tertinggi dan Terendah Bahan Bakar Nonsubsidi

Karena tidak disubsidi, harga untuk 4 jenis bahan bakar ditambahkan dengan biaya transportasi dari kilang minyak menuju ke stasiun pengisian bahan bakar. Berikut ini merupakan daftar harga terendah sampai harga tertinggi 4 jenis bahan bakar nonsubsidi di Indonesia.

1. Dexlite

Merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel yang nilai cetane-nya 51 dan kandungan sulfurnya 1200 part per million. Jenis bahan bakar diesel ini tersedia di semua provinsi yang ada di Indonesia. Harga terendah untuk Dexlite adalah Rp11.400 per liter untuk Sabang Free Trade Zone.

Dan harga tertinggi mencapai angka Rp13.150 per liter untuk provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Provinsi Bengkulu. Rata-rata harga Dexlite di wilayah Sumatera adalah Rp12.900 per liter dan rata-rata harga Dexlite di pulau lain adalah Rp12.650 per liter.

2. Pertamina Dex

Merupakan versi yang lebih bagus dari Dexlite, karena angka cetane-nya mencapai 53 dan kandungan sulfur maksimal dalam Pertamina Dex hanya 300 saja. Pertamina Dex tersedia di hampir seluruh provinsi di Indonesia, kecuali di Provinsi Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Harga terendah Pertamina Dex adalah Rp12.600 per liter untuk Batam FTZ (Free Trade Zone). Dan harga tertinggi Pertamina Dex adalah Rp13.750 per liter untuk provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Bengkulu. Rata-rata harga Pertamina Dex adalah antara Rp13.250 per liter sampai Rp13.500 per liter.

3. Pertamax

Adalah jenis BBM untuk kendaraan bermesin bensin dengan nilai octane 92 dan mendukung pembakaran yang lebih bagus dibandingkan dengan pembakaran Pertalite. Saat ini, Pertamax adalah pilihan BBM nonsubsidi yang paling terjangkau.

Harga terendah Pertamax adalah Rp11.900 per liter untuk wilayah Batam Free Trade Zone. Dan pemegang harga tertinggi Pertamax adalah Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Bengkulu, dengan harga Rp 13.100 per liter.

4. Pertamax Turbo

Dengan octane 98, Pertamax Turbo menjadi pilihan terbaik untuk kendaraan bermesin bensin. Nilai octane yang tinggi membuat Pertamax Turbo mampu menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik. Harga terendahnya adalah Rp 12.900 per liter untuk wilayah Batam Free Trade Zone.

Sedangkan harga tertinggi Pertamax Turbo adalah Rp14.200 per liter di Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Pantau berbagai berita yang berkaitan dengan harga BBM. Siapa tahu muncul berita yang menyenangkan terkait dengan harga BBM turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *