Tampak sepele namun pada dasarnya komponen lampu dalam mobil Avanza memiliki peran yang sangat penting. Keberadaan lampu ini bukan sekedar digunakan sebagai sarana penyinaran saja, melainkan lebih dari itu juga dipakai sebagai alat komunikasi antar pengendara di jalan raya. Tiap lampu yang digunakan memiliki makna yang berbeda dan nantinya akan diterjemahkan oleh pengguna jalan lain untuk menghindari resiko kecelakaan, jadi aktivitas berkendara akan jauh lebih aman dengan adanya lampu ini.

Hanya saja juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya komponen yang satu ini rentan akan resiko kerusakan. Jika sudah demikian penting sekali bagi Anda untuk segera menggantinya dengan yang baru, karena jika tidak pasti akan sangat menganggu aktivitas dalam berkendara bukan. Lampu semacam ini juga mudah rusak dikarenakan oleh kesalahan dalam perawatannya, sehingga patut untuk diwaspadai. Untuk itu maka berikut ini diantaranya tips merawat headlamp Avanza yang bisa Anda terapkan, sehingga nantinya tak mudah rusak, yaitu:

  1. Pastikan hanya menggunakan lampu yang dayanya sesuai, agar nantinya performa lampu bisa optimal, maka pemilihan daya ini termasuk hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dianjurkan hanya menggunakan lampu yang dayanya sesuai, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar sehingga membuat aliran listrik yang diberikan juga tidak stabil. Hal ini hanya akan beresiko membuat lampu mudah rusak.
  2. Menjaga kebersihan kap mesin mobil, khususnya adalah yang berada di bagian depan. Karena kotoran atau debu yang menempel nantinya beresiko untuk masuk kedalam bohlam, membuatnya kotor bahkan juga menurunkan performa dari lampu tersebut menjadi kurang maksimal nyalanya. Jadi senantiasa menjaga kebersihannya agar performa lampu tersebut tetap optimal.
  3. Biasakan untuk parkir di tempat yang teduh, ketika Anda parkir di tempat yang panas, maka nantinya akan ada sinar UV yang langsung mengenai bagian rumah lampu, hal ini jika dibiarkan terus-menerus nyatanya akan merubah warna pada kaca tersebut menjadi kuning dan buram, membuat lampu juga tidak awet karena terbiasa terkena panas dari luar. Untuk itu dianjurkan memilih tempat parkir yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung.
  4. Memperhatikan karet penutup bohlam, Anda hendaknya juga harus memperhatikan karet pada penutup bohlam tersebut. Karena tak jarang bagian karet ini sering robek ataupun getas sehingga menyebabkan debu dari luar juga rentan masuk kedalam rumah lampu tersebut. Jadi bagian mika juga rentan mengalami perubahan warna menjadi kuning. Tentunya tidak ingin hal ini sampai terjadi bukan.
  5. Memperhatikan seal penutup mika, karena berada pada bagian luar rumah lampu membuat seal ini mudah untuk dilihat. Jika seandainya seal ini rusak maka air akan lebih mudah masuk kedalam rumah lampu, termasuk diantaranya adalah debu dan kotoran yang akan membuatnya mudah kotor dan juga rusak. Untuk itulah maka harus diperhatikan baik-baik apakah kondisi seal masih baik ataukah tidak guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah setidaknya beberapa cara mudah yang dapat Anda terapkan untuk merawat headlamp Avanza, berlaku juga untuk jenis kendaraan yang lainnya, dengan perawatan yang teat tentunya akan membuat usia pakainya menjadi lebih panjang. Sehingga Anda tak perlu sering-sering ganti dengan yang baru. Karena hal ini juga berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan, apalagi harganya tak bisa dikatakan murah untuk produk orinya.

Categories: Otomotif

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.