Kepanjangan A.M dan P.M sering membuat orang bertanya-tanya, kira-kira apa sih yang membedakannya? Anda mungkin pernah mendengar A.M. atau P.M. yang juga sering ditulis dengan singkatan AM dan PM, a.m dan p.m., atau am dan pm.

Sebenarnya a,m dan p.m digunakan untuk merujuk ketepatan waktu dalam beberapa situasi. Bagi Anda yang mungkin masih bingung dengan cara menggunakan A.M dan P.M, mungkin beberapa penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda memahaminya.

Kepanjangan A.M dan P.M

Jika ditanya mengenai apa sih kepanjangan dari a.m dan p.m, maka jawaban singkatnya adalah a.m. singkatan dari “ante meridiem”, yang merupakan bahasa Latin dan menggambarkan waktu hari “sebelum tengah hari.”

Sementara untuk p.m sendiri adalah singkatan dari “post meridiem”, yang merupakan bahasa Latin dan merujuk waktu “setelah tengah hari.”

  1. = Ante Meridiem = Sebelum Tengah Hari (12 AM – 11:59 AM)
  2. = Post Meridiem = Setelah Siang (12 PM – 11:59 PM)

Ada dua sistem ketepatan waktu utama yang digunakan saat ini di dunia, pertama dan paling populer adalah jam 24 jam yang menjadi dasar waktu militer. Kedua dan paling populer di Amerika Serikat adalah sistem pencatatan waktu 12 jam.

Sistem pencatatan waktu 12 jam digunakan oleh Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Kolombia, Filipina, Kanada, dan beberapa negara lain.

Arti a.m dan p.m digambarkan secara berbeda dalam bahasa Inggris, Yunani, Portugis, Rusia dan sebagainya. Beberapa negara tersebut sering kali menggunakan karakter khusus dengan mengubah urutan jam dan menit, atau menggunakan deskripsi lisan setelah waktu yang ditentukan.

Contoh penggunaan a.m dan p.m sendiri adalah :

Bobby wake up at 06.00 a.m (Bobby bangun jam 6 pagi)

Bobby sleep at 10.00 p.m (Bobby tidur jam 10 malam)

Sejarah dan Asal Usul A.M. dan P.M.

Penggunaan a.m. dan p.m sudah ada sejak 1500 SM dengan penemuan jam matahari di Mesir kuno. Orang Mesir lalu membagi hari menjadi 24 bagian atau “jam.” Jam matahari, seperti yang tersirat dalam namanya, menggunakan posisi matahari di langit untuk menentukan waktu.

Ketepatan waktu 12 jam dinotasikan dengan noon (12 p.m) sebagai meridian (tengah) daripada tengah malam (12 am) karena jam matahari tidak akan berfungsi di tengah malam. Pembentukan AM (ante meridiem atau sebelum tengah hari) dan PM (post meridiem atau setelah tengah hari) diperlukan untuk menggambarkan seberapa dekat matahari dengan meridian.

Bagi Anda yang mungkin masih bingung dengan kepanjangan a.m dan p.m atau tentang contoh penggunaannya, yuk join saja di EF English Center!

Categories: Pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.