Contoh Surat Jual Beli Tanah dan Surat Kuasa Lengkap Dengan Pasal

Contoh Surat Jual Beli Tanah – Membeli sebuah tanah atau persilan harus didasari dengan surat kepemilikan menyatakan bahwa tanah tersebut dimiliki secara sah oleh orang tersebut. Biasanya surat dibuat oleh kantor kepala desa/kelurahan maupun kantor camat bagian PPAT ( Pejabat Pembuat Akta Tanah ) yang biasanya berwenang membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

Dan untuk memperkuat sebuah kepemilikan tanah dari surat jual beli (Akta jual beli) sangat disarankan meningkatkan ke SHM atau surat hak milik sering juga disebut dengan sertifikat tanah. Badan yang mengelola sertifikat dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Memang dalam proses pembuatan sertifikat dibilang cukup lama waktu yang dibutuhkan 3-6 bulan kedepan dan biaya untuk mengurusnya juga sangat mahal 1-5 jutaan lebih.

Dan bagi yang ingin memiliki tanah dengan hanya membuat surat kesepakatan/perjanjian, tentu bisa mengandalkan Contoh Surat Jual Beli Tanah, dimana isi dari surat tersebut juga berlaku dan sah mata hukum, secara dalam surat tersebut juga dicantumkan pasal-pasal yang mengatur antar pembeli dan penjual juga dimuat saksi-saksi dalam proses pembelian.

Berikut Contoh Surat Jual Beli Tanah yang dapat anda gunakan sebagai perjanjian dalam membeli sebuah tanah dan rumah.

Contoh Surat Jual Beli Tanah dan Surat Kuasa Lengkap Dengan Pasal

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap                     : Wahyudin

Tempat,Tanggal Lahir       : Siantar, 4 juni 1988

Kewarganegaraan              : Indonesia

Pekerjaan                             : Kontraktor

Tempat Tinggal                   : Jl. Tanah Jawa

Untuk yang di atas disebut pihak PERTAMA atau pihak PENJUAL.

 

Nama lengkap                     : Syamsul Arifin

Tempat,Tanggal Lahir       : 10 april 1987

Kewarganegaraan              : Indonesia

Pekerjaan                             : PNS

Tempat Tinggal                   : Jl. Pangeran Sulaiman

Untuk yang di atas disebut pihak KEDUA atau pihak PEMBELI.

Pada hari ini senin,Tanggal 7 Juni 2018 kami yang disebut diatas pihakPERTAMA dengan pihak KEDUA telah membuat kesepakatan AKAD PERJANJIAN JUAL BELI TANAH dengan disaksikan oleh beberapa saksi, dengan isi perjanjian jual beli adalah sebagai berikut :

Kami pihak PERTAMA benar-benar mempunyai sebidang tanah seluas 5 hektar yang aslinya tanah tersebut berasal dari pembagian waris almarhum Datuk Muda Barus dengan nomor  tanah kepemilikan 5546333 dengan batas-batas sebagai berikut :

Sebelah Utara            : Jalan Umum

Sebelah Timur           : Rumah Bapak Sidamanik

Sebelah Selatan        : Masjid

Sebelah Barat            : Sekolah SMA

Adapun tanah yang diuraikan di atas benar-benar telah dijual oleh pihak PERTAMA kepada pihak KEDUA dengan harga beli sebesar Rp. 1.000.000.000,- (Satu Milyar Rupiah) secara kontan dibayar lunas pada hari Senin, tanggal 7 Juni 2018.

Perjanjian ini dibuat atas dasar kesepakatan dari kedua belah pihak tanpa ada paksaan dari siapapun juga serta telah sama-sama setuju.

Setelah dibuatkan surat perjanjian ini pihak KEDUA sanggup mendaftarkan tanah tersebut ke kantor BPN melalui Proses PPAT,dan pihak PERTAMA sanggup menandatanganinya tanpa ada tambahan harga jual beli.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pasal 1  JAMINAN

PIHAK PERTAMA menjamin PIHAK KEDUA bahwa apa yang dijual/dipindahkan haknya dalam Perjanjian ini adalah benar haknya PIHAK PERTAMA, bebas dari sitaan, tidak dipertanggungkan dengan cara apa pun juga, belum dijual kepada orang lain. Dan, tentang hal itu baik sekarang maupun di kemudian hari, PIHAK KEDUA tidak akan mendapat tuntutan apa pun dari pihak lain yang menyatakan mempunyai hak terlebih dahulu atau turut mempunyai hak atas apa yang dipindahkan haknya ini. Dan, karenanya PIHAK KEDUA dibebaskan oleh PIHAK PERTAMA dari segala tuntutan apa pun juga dari pihak lain mengenai hal-hal tersebut.

Pasal 2  . MASA BERLAKU PERJANJIAN

Perjanjian ini tidak akan berakhir karena salah satu pihak meninggal dunia, melainkan akan tetap bersifat turun-temurun dan harus dipatuhi oleh para ahli waris atau penerima hak masing-masing.

Pasal 3 PENYERAHAN TANAH

PIHAK PERTAMA akan menyerahkan Tanah tersebut kepada PIHAK KEDUA selambat-lambatnya  2 hari setelah PIHAK KEDUA melunasi seluruh pembayarannya.

Pasal 4 STATUS KEPEMILIKAN

Tanah tersebut beserta segala keuntungan maupun kerugiannya beralih dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA sejak ditandatanganinya Perjanjian ini, dan dengan demikian hak kepemilikan Tanah tersebut sepenuhnya menjadi hak milik PIHAK KEDUA.

Pasal 5 BALIK NAMA

PIHAK PERTAMA dengan ini memberi kuasa penuh kepada PIHAK KEDUA, yang tidak dapat dicabut kembali oleh PIHAK PERTAMA, untuk dan atas nama PIHAK PERTAMA menjalankan hak dengan nama apa pun juga yang ada pada dan/atau yang dapat dijalankan oleh PIHAK PERTAMA sebagai yang menguasai Tanah tersebut.

Siantar,  7 Juni 2018

Yang membuat perjanjian

PIHAK KEDUA                       PIHAK PERTAMA

..Syamsul Arifin..                     ..Wahyudin..

Para Saksi-Saksi :

  1. B.Sulaiman
  2. Kasih
  3. Sarmono Sutarjo
  4. Marni
  5. Ridho Lala
  6. Muhammad Tadukat
  7. Mariani

Mengetahui

Kepala Desa Tanah Jawa

 

Abd. Muhrodin

Contoh surat Kuasa:

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama             : Abdul Muhrodin
Pekerjaan      : Manager perusahaan Olahan Karet
Alamat           : Jl. Merak Jingga no.92

Melalui surat ini memberi kuasa kepada :

Nama             : Kasih Laila
Pekerjaan      : Asisten Manager
Alamat           : Jl. Brayan no.68

Untuk mewakili atau bertindak  dan atas nama pemberi kuasa sebagai pemilik jabatan sebagai manager di perusahaan ternama Bunga.
Untuk itu penerima kuasa dikuasakan untuk menggantikan sementara sebagai manager di perusahaan Olahan Karet.

Kekuasaan ini diberikan dengan hak untuk melimpahkan baik sebagian atau seluruhnya yang di kuasakan ini kepada orang lain.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Sengkang, 1 Maret 2013

Penerima kuasa                                                             Pemberi Kuasa

        Kasih Laila                                                                      Abdul Muhrodin

Itulah Contoh Surat Jual Beli Tanah dan Surat Kuasa Lengkap Dengan Pasal yang dapat anda pergunakan demi keperluan membeli tanah, dan pada kesepakatan tersebut cantumkan materai dan ditanda tangani kedua belah pihak agar sah di depan mata hukum. Rajasurat.com