Pengertian Populasi Ciri-ciri / Jenis / Fungsi dalam Kehidupan

Populasi sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan pada regenerasi makhluk hidup baik itu kelompok hewani dan manusia sekalipun. Ada banyak sekali Faktor penyebab utama perubahan populasi itu dikarenakan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama kemajuan di bidang kesehatan. Dan dari sini dapat kita artikan dan defenisi dari populasi yaitu kumpulan organisme yang berasal dari spesies yang sama dan hidup di wilayah geografis yang sama pada waktu tertentu.

Pengertian populasi dari menurut Kamus Pelajar terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional tahun 2003, populasi adalah jumlah orang atau penduduk dalam suatu daerah; jumlah penghuni baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu tempat atau ruang tertentu.  Baca juga : Pengertian Polivinil Klorida (PVC).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa populasi juga bisa di arti kan keseluruhan atau himpunan obyek dengan ciri yang sama.

Ada pun jenis-jenis dari populasi menurut para ahli yaitu :

Menurut Arikunto (2006:130) jika dilihat dari segi jumlah populasi dapat dibedakan antara lain:
a. Jumlah terhingga, yang terdiri dari elemen dengan jumlah tertentu, contohnya:
1) Semua orang yang terdaftar dalam Angkatan Laut pada hari tertentu,
2) Semua televisi dari tipe yang sama yang diproduksi oleh suatu pabrik dalam satu tahun tertentu, dan
3) Semua mahasiswa yang terdaftar mengambil matakuliah tertentu.
b. Jumlah tak hingga, terdiri dari elemen yang sulit dicari jumlahnya, seperti jumlah penonton sebuah stasiun tv, semua jenis senjata yang diperbolehkan oleh undang-undang, dan sebagainya.

Rangkuman dan faktor-faktor bagaimana terjadinya populasi dalam kehidupan :

Perubahan jumlah populasi terjadi dalam jumlah individu, antara lain :

  • Kematian
    Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian, caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran. Banyaknya kematian sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung kematian (pro mortalitas) dan faktor penghambat kematian (anti mortalitas).
  • Kelahiran ( Natalitas )
    Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang menghambat kelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas).
  • Migrasi
    Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.
    Faktor-faktor terjadinya migrasi, yaitu :
    Persediaan sumber daya alam
    2. Lingkungan social budaya
    3. Potensi ekonomi
    4. Alat masa depan

Adapun ciri-ciri dari populasi dapat di jabarkan seperti dibawah ini :

Ciri-Ciri Dasar Populasi

Ada dua ciri dasar populasi, yaitu :ciri biologis, yang merupakan ciri-ciri yang dipunyai oleh individu-individu pembangun populasi itu, serta ciri-ciri statistik, yang merupakan ciri uniknya sebagai himpunan atau kelompok individu-individu yang berinteraksi satu dengan lainnya

Ciri- ciri biologi

Seperti halnya suatu individu, suatu populasi pun mempunyai ciri- ciri biologi, antara lain :

  1. Mempunyai struktur dan organisasi tertentu, yang si fatnya ada yang konstan dan ada pula yang berfluktuasi dengan berjalannya waktu (umur)
  2. Ontogenetik, mempunyai sejarah kehidupan (lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua  = senessens, dan mati)
  3. Dapat dikenai dampak lingkungan dan memberikan respons terhadap perubahan  lingkungan
  4. Mempunyai hereditas
  5. Terintegrasi oleh faktor- faktor hereditaa oleh faktor- fektor herediter (genetik) dan ekologi (termasuk dalam hal ini adalah kemampuan beradaptasi, ketegaran reproduktif dan persistensi. Persistensi dalam hal ini adalah adanya kemungkinan untuk meninggalkan keturunanuntuk waktu yang lama.

Ciri- ciri statistik

Ciri- ciri statistik merupakan ciri- ciri kelompok yang tidak dapat di terapkan pada individu, melainkan merupakan hasil perjumpaan dari ciri- ciri individu itu sendiri, antara lain:

  1. Kerapatan (kepadatan)
  2. Sebaran (agihan, struktur) umur
  3. Komposisi genetik (“gene pool” = ganangan gen)
  4. Dispersi(sebaran individu intra populasi

Secara garis besar itulah pengertian dari populasi dalam kehidupan kita, semoga dengan artikel diatas dapat menjawab dari apa yang anda cari saat ini, dilain waktu rajasurat.com akan membahas mengenai makalah populasi secara lengkap.