Macam-Macam Contoh Surat Teguran Resmi dan Lengkap

Contoh Surat Teguran – Teguran merupakan sebuah makna dimana seseorang atau atasan yang memiliki wewenang untuk menegur atau memberi peringatan kepada bawahan yang melakukan pelanggaran terhadap aturan-aturan yang berlaku di sebuah perusahaan. Biasanya seseorang yang terkena teguran adalah dia yang tidak menaati pada setiap aturan atau tata kedisplinan yang diterapkan didalam perusahaan.

Biasanya sebuah teguran bisa disampaikan melalui lisan maupun tulisan, itu berfungsi agar seseorang atau pekerja yang melakukan kesalahan tidak lagi melakukannya di lain hari. Contoh teguran lisan yaitu menyampaikan secara langsung dengan apa yang telah ia perbuat menyampaikan sesuatu hal, kalau apa yang dikerjakan ternyata salah dan biasanya teguran lisan hanya disampaikan apabila kesalahannya tidak terlalu fatal.

Sedangkan bagi yang melakukan kesalahan fatal biasanya diberikan SP (Surat Peringatan) pertama. kedua dan seterusnya berbentuk tulisan atau surat teguran yang nanti isinya mengutarakan tidak akan melakukan kesalahan lagi dibubuhi tanda tangan dan juga materai. Baca juga : Contoh surat referensi kerja

Contoh surat teguran tidak hanya diberlakukan diperusahaan-perusahaan juga dapat diperuntukkan bagi mereka yang berstatus sebagai siswa, pegawai, karyawan, mahasiswa/i, pekerja harian lepas, kepala desa beserta perangkat-perangkatnya, PNS, Guru, Guru honorer dan juga para atasan-atasan dapat diberi surat peringatan.

Ada berbagai macam surat teguran yang sering digunakan seperti surat pernyataan orang tua, surat pernyataan hutang piutang, surat teguran dinas resmi, contoh surat teguran pns yang tidak masuk kerja, dan lain-lainnya.

Dan jika Anda ingin membuat surat teguran, dibawah ini ada beberapa contoh surat teguran dari admin rajasurat.com yang dapat anda pergunakan baik untuk kalangan umum maupun khusus :

Contoh Surat Teguran Karyawan

KOP RESMI PERUSAHAAN

———————————————————

SURAT TEGURAN

No. : 003/ST/EA/IV/2012

Surat Teguran ini diterbitkan untuk :

Nama: Januardi Sulaiman

Karyawan Bagian : Supervisor Gudang

Dasar Penerbitan Surat Teguran :

Bahwa karyawan yang namanya tercantum diatas telah melakukan kesalahan berupa : Lalai dalam stok barang gudang.

Sebagai seorang leader, karyawan yang namanya tercantum diatas harus bisa memberikan contoh yang baik terhadap karyawan yang berada di gudang.

Tujuan Penerbitan Surat Teguran :

Tujuan diterbitkannya Surat Teguran ini adalah agar karyawan yang namanya tercantum diatas lebih mengevaluasi kinerja dan kedisiplinan diri.

Bentuk Sanksi : 

Sanksi diberikan dalam bentuk dicabutnya tunjangan transportasi selama 3 minggu. Mulai berlaku dari tanggal 4 – 21 Mei 2018

Lain – lain :

Setiap karyawan hanya menerima Surat Teguran sekali. Apabila setelah dikeluarkannya Surat Teguran masih terjadi kesalahan, maka Manajemen  akan mengeluarkan Surat Peringatan I (bagi karyawan yang belum pernah menerima Surat Peringatan sebelumnya) atau Surat Peringatan yang tingkatannya disesuaikan dengan Surat Peringatan yang pernah diterima karyawan sebelumnya.

Demikian Surat Peringatan dikeluarkan untuk menjadi perhatian dan dipergunakan sebagaimana mestinya

Jakarta, 4 Mei 2018

(Nama Perusahaan)

(Nama Manager HRD)

Manager HRD

Contoh Surat Teguran Perusahaan :

TOBA JAYA KONSTRUKSI

Bergerak Dibidang Jasa Konstruksi

Jalan Simanindo No. 26 Samosir 56888

Telp. 021 545 2254 Fax: 021 545 2245 Website: www.tobajaya.co.id

———————————————————

SURAT PERINGATAN

No. : 065/SP/AA/IIV/2018

Surat Peringatan ini ditujukan kepada:

Nama: Eduardo Jonly
Jabatan : Staff Enginer

Surat Peringatan diterbitkan berdasarkan :

Bahwa Sdr. Eduardo Jonly telah melakukan kesalahan berupa :

Indisiplin, tidak masuk kerja selama lebih dari 5x dalam kurun waktu satu bulan.

Sebagai seorang karyawan Sdr. Eduardo Jonly seharusnya mampu menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba dilokasi kerja pada waktu yang telah ditentukan sebagaimana yang telah tercantum dalam Surat Perjanjian Kerja (SPK).

Tujuan Penerbitan Surat Peringatan :

Tujuan diterbitkannya surat peringatan ini adalah untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada Sdr. Eduardo Jonly agar bersedia mengamalkan tata tertib pekerjaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan indispliner yang Sdr. Eduardo Jonly lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada Sdr. Eduardo Jonly berupa larangan untuk menggunakan fasilitas perusahaan yang meliputi:

1. Kendaraan Antar-Jemput
2. Peralatan Kantor

Sanksi yang diberlakukan kepada Sdr. Eduardo Jonly berlaku per tanggal 12, Maret 2018 sampai dengan 18 Maret, 2018.

Catatan :

PT. Toba Jaya Konstruksi hanya memberikan Surat Peringatan sekali. Dan jika Sdr. Eduardo Jonly dikemudian hari didapati kembali melakukan kesalahan yang sama, maka PT. Toba Jaya Konstruksi akan memberhentikan Sdr. Eduardo Jonly.

Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan digunakan sebagaimana mestinya.

Samosir, 11, Maret 2018
PT. Toba Jaya Konstruksi

(Sibolis)
Manager Personalia / HRD

 

Contoh Surat Teguran PNS :

PEMERINTAH DAERAH KOTA MEDAN
DINAS TENAGA KERJA
Jl. Hangtuah No.1 Kota Medan  072662
Telp. 022 – 891092 ext. 345  Fax. 022 -891090

SURAT PERINGATAN
No. 32/PKLH/SP/IV/123

Surat ini diberikan kepada :

Nama : Odon Ramodi
NIP : 23434446788
Jabatan : Staff Perkantoran

Sehubungan dengan pelanggaran tata tertib yang berlaku di lingkungan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung, yaitu tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 6 (enam) hari kerja berturut – turut, maka dengan ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung memberikan surat peringatan ini dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat peringatan ini memiliki masa berlaku yaitu hanya untuk 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan tersebut.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan ini pihak yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran tata tertib yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan ini, maka surat peringatan ini dinyatakan sudah tidak berlaku. Akan tetapi sebaliknya jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan ini pihak yang bersangkutan kembali melakukan pelanggaran aturan tata tertib, maka Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung akan langsung memutuskan kontrak kerja yang berlaku.
  3. Atas pelanggaran yang telah dilakukan pihak yang bersangkutan, maka pihak yang bersangkutan diberikan sanksi berupa pemotongan gaji sebesar 10% sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Daerah Mengenai Ketenagakerjaan No. 10/DTK/04/2018.

Demikian mengenai surat peringatan ini untuk diperhatikan. Atas perhatian Saudara/ saudari, kami ucapkan terima kasih.

Medan, 18 Mei 2018
Kepala Dinas Tenaga Kerja,

 

Contoh Surat Teguran Kepada Siswa/i :

DINAS PENDIDIKAN KOTAMADYA BINJAI
SMA NEGERI 2 BINJAI
Jl. Pahlawan Pendidikan No. 333 BINJAI

SURAT PERINGATAN
Nomor :  655/B/I/2018

Kepada             : Halomoan Andaliman
Hal                    : Surat Peringatan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Menurut data absensi kelas VII A siswa yang bernama Halomoan Andaliman pada semester 2 (dua) sering tidak masuk tanpa keterangan (alpa). Berdasarkan peraturan SMA Negeri 2 Binjai jika siswa yang sering tidak masuk akan di kenakan sanksi dari Sekolah dan apabila siswa tersebut tidak mengindahkan peraturan yang berlaku di SMA Negeri 2 Binjai, maka siswa atas nama Halomoan Andaliman akan dipindahkan dari SMA Negeri 2 Binjai.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti

Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Binjai, 14 Mei 2018,
Kepala SMA  Negeri 2 Binjai

 

Kesimpulan :

Ada baiknya bilamana sebuah peraturan di ikuti dengan seksama, kita memang tidak luput dari kesalahan dan paling tidak kita bisa mengantisipasi agar terhindari dari yang namanya teguran atau peringatan dari pihak yang berwenang.

Semoga dengan adanya artikel mengenai contoh surat teguran diatas dapat membantu anda membuat dan bikin dengan mudah.